Setelah Alami PCOS, Fitri Tropica Berhasil Menyusui di Hari Pertama. Simak 6 Tips Berhasil Menyusui Bagi Penderita PCOS!

Beberapa waktu lalu Mommiesharing mengabarkan bahwa Fitri Tropica alias Fitrop berhasil hamil setelah menunggu 5 tahun perjuangannya melawan penyakit Polycystic Ovarian Syndrome atau yang biasa disingkat sebagai PCOS. Kali ini kabar gembira kembali menyelimuti artis cantik satu ini karena telah melahirkan putri pertamanya pada Senin (11/11/2019). Bayi mungil tersebut diberi nama Sada Amina Hanara dan berhasil menyusui di hari pertama.

Padahal banyak orang bilang bahwa wanita yang mengalami PCOS akan kesulitan dalam berhasil menyusui bagi penderita PCOS. Beberapa penelitian pun menyatakan bahwa ibu dengan riwayat PCOS memiliki jumlah ASI yang rendah. Hal ini diperkirakan karena PCOS mengganggu hormon yang dibutuhkan payudara untuk memproduksi ASI.

Namun, Tya Ariestya menyatakan tegas bahwa hal itu adalah mitos dan Ia pun memotivasi sahabatnya (Fitrop) untuk tetap berpikir positif. Tya & Fitrop adalah dua dari sekian wanita penderita PCOS yang berhasil menyusui dengan lancar di hari pertama setelah melahirkan.

Dilansir dari detik.com, bagi Fitri menyusui itu lebih menegangkan ketimbang melahirkan. Sadar akan hal itu, Ia selalu mencari tahu dari orang-orang yang sudah berpengalaman dan terus mengupgrade pengetahuannya tentang menyusui dengan selalu berpikir positif. Ternyata hal itu membuahkan hasil. Jadi, penderita PCOS tetap bisa menyusui dengan lancar ya, Moms. Berikut beberapa tips berhasil menyusui bagi penderita PCOS antara lain :

1. Rutin Olahraga
Hal ini bertujuan untuk menstabilkan hormon. Tidak perlu lama-lama, minimal 30 menit per hari sudah cukup.

2. Hindari Junk Food terutama yang kadar minyak dan gulanya tinggi.

3. Rajin Memompa ASI
Lisa Marasco, seorang konsultan laktasi internasional, menyarankan kepada ibu menyusui dengan riwayat PCOS untuk selalu memompa ASI nya 10-15 menit setelah menyusui selama 2 minggu pertama pasca melahirkan untuk menstabilkan produksi ASI.

4. Cukup Cairan
Dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan yang cukup. Moms bisa menjadikan warna urine sebagai indikatornya.

5. Skin to Skin
Lakukan kontak skin to skin dengan bayi sesering mungkin agar hormon oksitosin berjalan lancar.

6. Konsumsi Suplemen
Suplemen yang dikonsumsi boleh herbal maupun yang dari dokter. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait suplemen yang tepat dengan kondisi masing-masing.

Nah, untuk Moms penderita PCOS maka dapat melakukan beberapa tips berhasil menyusui bagi penderita PCOS tersebut. Namun, jika ternyata ASI masih kurang lancar maka sebaiknya konsultasi kepada dokter yang juga konselor laktasi.

Sumber:
https://kumparan.com/babyologist/tips-asi-lancar-bagi-penderita-pcos-1548643485467472101
https://www.haibunda.com/menyusui/20191113161047-54-66799/sempat-alami-pcos-fitri-tropica-berhasil-menyusui-di-hari-pertama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *