Ingin Bepergian dengan Bayi? Berikut 6 Langkah yang Bisa Anda Persiapkan

Anda memiliki bayi di rumah? Jika jawabannya iya maka tidak salah ada membaca artikel ini. Sebagai orang tua yang memiliki bayi rencana bepergian seringkali harus ditunda, apalagi jika jaraknya jauh. Berbagai alasan dapat membuat ragu untuk keluar meninggalkan bayi maupun mengajaknya.

 

Bepergian dengan seorang bayi memerlukan lebih banyak persiapan. Tempat yang akan anda tuju juga harus dipilih dengan pertimbangan tertentu agar nyaman untuk bayi dan juga anda sebagai orang tua. Setuju kan mommies?

 

Nah, berikut adalah 6 langkah yang bisa anda terapkan ketika akan mengajak bayi anda bepergian.

 

 

  • Memperhatikan usia bayi anda

Bayi baru lahir beberapa hari pun sebenarnya sudah bisa diajak bepergian asalkan dalam kondisi sehat. Meskipun begitu, pada umumnya usia yang dinyatakan cukup usia untuk bepergian adalah bayi usia 3 bulan.

 

Pada usia 3 bulan, bayi sudah lebih kuat, walaupun pada usia tersebut bayi masih banyak menyusu, ingin lama digendong, dan memiliki waktu tidur yang masih lama.

 

 

  • Memilih transportasi yang tepat

 

Sumber : koran kaltim, 2019

 

Transportasi merupakan hal yang wajib dipertimbangkan dalam rencana bepergian anda. Ada beberapa pilihan transportasi yang umumnya bisa anda gunakan dan memiliki tingkat kenyamanan yang cukup yaitu pesawat, kereta api, dan mobil pribadi.

 

Pesawat merupakan salah satu transportasi yang aman ketika bepergian dengan bayi, bahkan bisa jadi lebih nyaman dan cepat dibandingkan jalur darat. Ketika memilih pesawat pastikan memilih tempat duduk yang dekat toilet dan dekat lorong agar lebih leluasa. 

 

Kekhawatiran yang sering muncul ketika bepergian menggunakan bayi dengan pesawat yaitu ketika lepas landas atau mendarat, namun hal tersebut dapat anda selesaikan dengan menyusui atau memberikan camilan. Tidak lupa pilihlah jam terbang yang minim delay, biasanya pagi atau sote hari.

 

Selanjutnya, kereta api sudah pasti menjadi pilihan yang bisa digunakan. Ruangan dalam kereta lebih luas dibandingkan pesawat sehingga ruang gerak bayi anda lebih bebas. Hanya saja, mommies sebaiknya memilih jam keberangkatan di jam tidur bayi anda.

 

Terakhir, ketika anda memilih mobil sebagai transportasi pilihan maka jangan lupa untuk mendudukkan bayi anda pada kursi khusus bayi dan memakaikan sabuk pengaman.

 

 

  • Menyusun jadwal perjalanan yang fleksibel

Jadwal perjalanan anda dan bayi anda harus dipersiapkan dengan matang, dari awal keberangkatan usahakan jangan terburu-buru. Sesuaikan jadwal perjalanan dengan jadwal harian bayi anda.

 

Sebaiknya lakukan perjalanan pribadi atau keluarga agar lebih fleksibel dibandingkan perjalanan rombongan. Perjalanan pribadi lebih leluasa dalam mengatur jadwal sehingga ketika bayi anda lelah atau rewel, anda tidak kesulitan untuk mencari waktu istirahat dan menenangkan bayi anda.

 

 

  • Membawa perlengkapan yang mudah dibawa dan sesuai kebutuhan

Perlengkapan yang pertama kali harus anda persiapkan adalah pakaian yang nyaman untuk bayi, misalnya berbahan katun. Tidak lupa jaket merupakan sebuah kewajiban ya mommies.

 

Kebutuhan bayi yang biasa dibawa juga sebaiknya dipersiapkan dengan matang. Obat-obatan pribadi dan peralatan kesehatan juga wajib dibawa. Selain itu siapkan juga makanan favorit dan mainan favorit si kecil agar dia lebih menikmati perjalanannya.

 

 

  • Mengatur asupan nutrisi bayi anda

Sekalipun anda sedang bepergian, jangan sampai lupa memperhatikan asupan nutrisi bayi anda. Persiapkan makanan atau tempat makan yang ramah anak sehingga anda tidak kesulitan.

 

Bepergian sebaiknya tidak menjadikan asupan nutrisi bayi anda berkurang. Idealnya bayi anda tetep mendapatkan asupan seperti ketika di rumah. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya mommies.

 

 

  • Memperhatikan aktivitas fisik yang dilakukan bayi anda

Perjalanan biasanya akan dibarengi dengan perubahan aktivitas. Akan lebih baik apabila anda tetap memperhatikan aktivitas bayi anda, terutama jam tidurnya. Hal tersebut agar kenangan bepergian dengan bayi anda menjadi kenangan indah nantinya

 

Cukup sederhana kan mommies hal-hal yang bisa anda persiapkan ketika akan mengajar bayi anda bepergian? Jadi, tidak perlu ragu atau bingung lagi ya. Sebagai tambahan, anda bisa memastikan kondisi fisik bayi anda sebelum bepergian agar perjalanan anda lebih menyenangkan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber :

 

 

Sumber gambar :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *