Sukses Meraih Rekor Baru Dunia Panjat Tebing, Aries Susanti Menjadi Nomor Satu di Laga IFSC World Cup 2019 Tiongkok

Lagi-lagi Aries Susanti, sang ‘Spider Woman’, mengharumkan nama negara Republik Indonesia. Atlet panjat tebing wanita itu sukses mendapatkan medali emas di kejuaraan panjat tebing dunia yakni International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2019 yang digelar di Xiamen, Tiongkok pada Sabtu (19/10).

Aries Susanti yang akrab disapa dengan panggilan Ayu ini juga tercatat sebagai pencetak rekor baru dengan waktu 6,995 detik. Aries Susanti mengalahkan lawannya, Yi Ling Song, yang finish jauh di bawah catatan Aries, 9,032 detik dalam partai final. Yi Ling Song adalah pemegang rekor dunia sebelumnya. Atlet asal Negeri Tirai Bambu itu pernah mencatatkan waktu 7,101 detik.

Menjadi Kebanggaan Ibunda

Saat diwawancarai salah satu redaksi berita, Ibunda Aries Susanti Rahayu, Maryati, yang tinggal di Desa Taruman, Klambu, Grobogan, kemarin. Maryati menunjukkan beberapa penghargaan dan piala anak kesayangannya itu dengan raut wajah yang menampilkan rasa haru sekaligus bangga.

Maryati mengaku bersyukur Ayu, panggilan Aries Susanti Rahayu, kembali menorehkan prestasi di tingkat dunia. Maryati mengaku menonton aksi putrinya itu via streaming Youtube.

”Paginya kan telepon, seperti biasa. Minta doa ya, Bu, katanya. Saya nonton bareng keponakan di Youtube, dikasih tahu Ayu. Rasanya ya seneng banget, sampai menangis,” tutur ibu tiga anak itu seperti dilansir dari Jawa Pos Radar Kudus.

Maryati mengatakan Ayu terakhir kali pulang pada September lalu. Itu pun hanya satu hari. Ayu pulang kadang dua bulan sekali. Meski begitu, Maryati menyebut dirinya setiap hari berkomunikasi dengan Ayu via telepon.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Aries Susanti 

Nama Aries Susanti Rahayu mulai melambung dan dikenal publik sejak awal Mei 2018 lalu. Kala itu, Ayu berhasil menjadi yang tercepat di kejuaraan dunia panjat tebing IFSC di China. Dia berhasil mencatatkan waktu 7,51 detik mengalahkan lawannya asal Rusia dengan catatan waktu 9,01 detik.

Sejak itu, nama Ayu dikenal publik, bahkan dijuluki sebagai ‘Spider Woman’-nya Indonesia. Pada Asian Games tahun lalu di Palembang, Ayu juga membawa pulang medali emas untuk nomor tunggal dan beregu. Selain prestasi tersebut, masih banyak prestasi internasional lain gadis kelahiran 20 Maret 1995 itu.

 

Sumber :

https://www.liputan6.com/bola/read/4091156/aries-susanti-cetak-rekor-dunia-panjat-tebing-ini-deretan-prestasi-gemilang-lainnya

 

https://www.google.com/amp/s/www.jawapos.com/sports/all-sports/21/10/2019/mengenal-aries-susanti-pemecah-rekor-dunia-panjat-tebing-di-tiongkok/%3famp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *