Komunitas Surabaya Babywearers Sukses Gelar Acara HUT Ke-2

Tepat pada hari Minggu (13/10/2019), komunitas Surabaya Baby Wearers (SBW) merayakan ulang tahun yang kedua dengan mengadakan Talkshow Kesehatan dengan tema ‘Ibu & Ayah Sehat, Didik Generasi Hebat’. Acara tersebut semakin seru dan menarik karena pihak panitia juga menggelar berbagai kuis dan challenge kekinian ala SBW yang bertabur ratusan hadiah.

Acara dimulai dengan potong tumpeng sebagai simbolis perayaan sekaligus ucapan syukur bahwa komunitas yang memiliki jargon ‘Kami Cinta Menggendong.. Yes yes yes!’ ini telah berhasil menginjak tahun keduanya.

Sesi selanjutnya yaitu diawali dengan materi talkshow pertama yang disampaikan oleh narasumber yang berprofesi sebagai seorang dokter spesialis kandungan yaitu dr. M.H.Y. Ardianta Widyanugraha Sp. OG. atau yang lebih sering disapa dokter Wiwid.  Beliau menyampaikan materi tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi baik laki-laki maupun wanita. Kesehatan reproduksi inilah yang memiliki peran penting dalam keharmonisan keluarga. Selain itu, beliau juga menyebutkan berbagai masalah reproduksi dan cara menanganinya. Sesi talkshow pertama ditutup dengan kuis dan tanya jawab. 

Materi talkshow kedua diisi oleh narasumber yang merupakan seorang psikiater yakni dr. Hafid Algristian Sp. KJ. Dalam sesi ini, dokter Hafid membahas tentang peta pengasuhan anak dan deteksi dini masalah pengasuhan. Beliau mengatakan bahwa masalah pengasuhan anak milenial sekarang ini jauh berbeda dari masalah pengasuhan pada zaman dahulu dan ini merupakan tantangan tersendiri bagi orangtua ‘zaman now’. Beliau juga menjelaskan secara detil tentang tahapan 5 Stage of Psychosocial Development yang terjadi pada anak sesuai jenjang umurnya. Tahapan-tahapan ini jika tidak dilakukan dengan sempurna maka bisa berdampak pada psikologis anak di tahap selanjutnya. Sesi ditutup dengan kuis serta sesi tanya jawab.

 

Acara dilanjutkan dengan ucapan terimakasih yang disampaikan oleh segenap panitia yang merupakan para founder dan pengurus komunitas SBW. Mereka bersyukur bahwa komunitas ini dimana mayoritas membernya adalah berprofesi sebagai seorang ibu yang memiliki kecintaan yang sama yakni cinta menggendong, akhirnya bisa menapaki tahun kedua. Mereka berharap di tahun-tahun berikutnya akan terus ada acara Anniversary seperti hari ini dan komunitas SBW bisa semakin bermanfaat dan menjadi media edukasi bagi semua keluarga khususnya para ibu.

Siang pun semakin seru karena ada challenge untuk para daddy. Peserta diminta untuk menggendong anaknya dengan kain jarik dengan simpul jangkar. Siapa yang berhasil dengan benar membentuk simpul tersebut dan selesai menggendong anaknya dengan lebih cepat maka itulah yang terpilih sebagai pemenangnya.

Sesi selanjutnya diisi dengan beberapa challenge dan kuis berhadiah lainnya kemudian ada juga sesi undian dan doorprize yang dinanti-nanti para hadirin. Sesi Babywearing Dance diiringi lagu ‘Rock-a-bye Baby’ dan ‘Gemu Fa Mi Re’ yang dilakukan oleh para member komunitas SBW dengan antusias menjadi penutup acara event tersebut.

 

Komunitas Surabaya Baby Wearers yang dipimpin oleh Bunda Marta Adyningsih terbentuk atas dasar rasa ingin tahu para ibu tentang bagaimana cara yang baik dan benar untuk menggendong bayi.

 

Kenyamanan antara ibu dan bayi memang harus diperhatikan sebab menggendong bayi mampu mempengaruhi pertumbuhan bayi terutama pada bagian tulang belakang. Tak hanya untuk kesehatan, menggendong bayi juga bisa membuat sang bayi dekat dengan orangtua sehingga bisa terbentuk ikatan atau bonding yang kuat. 

 

Jika Anda tertarik bergabung menjadi member SBW, silakan follow akun instagram @surabaya.babywearers untuk mendapatkan berbagai ilmu yang tak hanya berkisar tentang cara menggendong, tapi juga ilmu tentang parenting dan topik menarik lainnya, serta mengikuti beragam event komunitas SBW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *