Cegah Bahaya Kabut Asap, 6 Tanaman Ini Bisa Menjadi Air Purifier Alami di Rumah

Bencana kabut asap di pulau Sumatera dan Kalimantan sudah bukan menjadi rahasia lagi. Bencana yang sudah melanda selama berbulan-bulan ini, hingga kini tak kunjung muncul tanda-tanda akan berakhir. Mirisnya, bencana ini bahkan sudah menyebabkan ribuan warga yang jatuh sakit hingga menelan banyak korban jiwa. Para ibu hamil dan balita tak luput dari bencana ini.

Menjadi salah satu yang paling lemah di antara yang lain, tentu kita harus mencari solusi agar setidaknya dapat mengurangi polusi udara di sekitar kita. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Air Purifier yang dapat mensterilkan udara di dalam rumah kita.

Namun, harga Air Purifier kian melonjak tinggi seiring peminatnya yang terus bertambah. Bahkan di Pekanbaru khususnya pembelian Air Purifier harus indent karena stoknya telah habis dimanapun. Sebagian ada yang memilih membelinya dan sebagian juga ada yang masih mempertimbangkannya.

Don’t Worry, Be Happy Mommies!!

Berikut Mommut akan share 6 tanaman hias yang mudah ditemui dan sangat efektif menjadi Air Purifier alami di dalam rumah. Check it out..!!

  1. Bamboo Palm

Bamboo Palm atau yang biasa dikenal dengan Palem Bambu adalah tanaman hias lain yang berasal dari Madagaskar yang melakukan pekerjaan yang sangat baik sebagai tanaman indoor, pabrik pemurni udara, dengan kecenderungan khusus untuk formaldehida, benzena dan karbon monoksida.

Sebagai manfaat tambahan di luar pemurnian udara, Bamboo Palm juga merupakan pelembab alami, menghasilkan satu liter air sekitar setiap 24 jam, menjadikannya tanaman yang cocok untuk iklim kering atau yang memiliki masalah pernapasan.

Akar bambu tumbuh dengan cepat dan bisa menjadi cukup besar (setinggi 20 kaki), tetapi Anda dapat membatasi jangkauan vertikal dengan menjaganya tetap terbatas pada pot yang lebih kecil. Mereka lebih suka cahaya yang terang dan disaring, dan senang disirami air secara teratur ketika tumbuh, namun, pada bulan-bulan musim dingin mereka cenderung kurang.

  1. Lidah mertua atau Sansevieria

Salah satu pabrik pemurnian udara teratas yang diidentifikasi oleh NASA, mengatakan Sansevieria menghilangkan setidaknya 107 polutan udara yang diketahui, termasuk karbon monoksida dan nitrogen monoksida, formaldehida, kloroform, benzena, xilena, dan trikloroetilen di antara banyak lainnya.

Sansevieria juga menghasilkan banyak oksigen sepanjang malam, menjadikannya tanaman yang sangat baik untuk disimpan di kamar tidur. Yang terbaik dari semuanya, Sansevieria adalah spesies yang dapat bertahan selama berminggu-minggu tanpa air dan tampaknya tumbuh subur di hampir semua iklim, termasuk mereka yang kurang cahaya, walaupun mereka kadang-kadang menghargai sinar matahari langsung dan udara segar, yang merupakan ciri khas dari mereka. Habitat asli tanaman ini adalah Madagaskar.

  1. Areca Palm

Di Indonesia, Areca Palm biasa dikenal dengan Palem Kuning. Tanaman kecil dari Madagaskar ini lebih mudah tumbuh di luar ruangan. Tetapi jika Anda memiliki ruang dengan cahaya yang disaring terang, daunnya yang melengkung dengan anggun akan menjadi tambahan yang bagus untuk ruangan.

Tanaman haus ini membutuhkan banyak air selama pertumbuhan, tetapi lebih sedikit di musim dingin.Tumbuhan tinggi ini dan daunnya tidak beracun untuk kucing dan anjing.

Tanaman ini menghilangkan benzena, karbon monoksida, formaldehida, trikloroetilen, xylene dan lainnya

  1. Spathiphyllum

Tanaman hias yang satu ini dikenal dengan nama Peace Lily di Indonesia. Mereka bernapas melalui lubang yang sangat kecil di daun mereka. Spathiphyllum menyaring zat-zat berbahaya dari udara, menyimpannya di batang dan akarnya di mana mereka kemudian dipecah. Ini saja membuat udara lebih bersih, tetapi Spathiphyllum bahkan lebih melepaskan oksigen (O2) dan meningkatkan kelembaban udara.

  1. Spider Plant

Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional yang menguji kemampuan tiga tanaman rumah biasa untuk menghilangkan formaldehyde dari udara, ditemukan dalam tes awal bahwa spider plant adalah juaranya, menghilangkan 95 persen zat beracun dari ruang Plexiglas yang tersegel di 24 jam.

Tanaman laba-laba yang memiliki nama ilmiah Chlorophytum comosum juga dikenal sebagai tanaman udara, tanaman laba-laba tumbuh dengan cepat dan terlihat bagus di keranjang gantung, terutama di ruang kerja Anda. Kadang-kadang mereka bahkan menghasilkan bunga putih yang indah.

Tanaman laba-laba ini memiliki lebih dari 200 spesies dan banyak dari mereka dapat bertahan hidup sedikit pelupa dari kami. Siram tanaman laba-laba Anda dua hingga tiga kali seminggu. Tanaman ini aman untuk anak-anak atau hewan yang suka bermain dengan benda-benda berayun, tanaman ini aman. Spider Plant ditengarai mampu menghilangkan formaldehid dan xylene.

  1. Golden Pothos (Epipremnum aureum)

Tanaman ini juga dikenal sebagai devil’s ivy, yang bisa berkembang dalam berbagai kondisi dan dapat tumbuh hingga 8 kaki. Golden Pothos juga dianggap sebagai salah satu pembersih udara dalam ruangan paling efektif untuk menghilangkan racun umum.

Siram saat tanah kering. Kemudian Anda bisa memotong sulur-sulur ketika tanaman terlalu besar. Jauhkan tanaman ini dari jangkauan untuk kucing dan anjing.

Tanaman ini juga mampu menghilangkan formaldehyde, xylene, toluene, benzene, carbon monoxide dan masih banyak zat-zat berbahaya lainnya.

Semoga bermanfaat ya mommies

 

Sumber :

https://www.google.com/search?safe=strict&client=safari&channel=mac_bm&biw=1914&bih=929&sxsrf=ACYBGNQ7jSibuqh_T3pMX3-KppKuZMYQsg%3A1569232471400&ei=V5aIXaaFGMfcz7sPsbCTgAs&q=spathiphyllum+for+air+purifying&oq=spathiphyllum+for+air+purifying&gs_l=psy-ab.3…659245.672758..673561…5.1..0.367.3674.0j16j3j2……0….1..gws-wiz…….0i71j0i7i30j0i8i7i30.bjoKq32qiyY&ved=0ahUKEwjmjJzA1ubkAhVH7nMBHTHYBLAQ4dUDCAo&uact=5

 

10 Air Purifying Plants For Homes & Offices

 

4 Powerful Air Purifying Plants to Clean the Air in Your Home

 

https://www.healthline.com/health/air-purifying-plants

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *