Mommies Info Mommies News

17 Langkah Upaya Melindungi Pernafasan Bayi dan Anak Akibat Kabut Asap

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Pekanbaru, kini semakin parah. Tidak hanya di Pekanbaru, di Sampit dan Palembang juga merasakan asap yang sangat tebal. Kadar konsentrasi udara terkini (13/09/19 pukul 08:57) sudah melebihi Nilai Ambang Batas (NAB) yang diperbolehkan, yaitu lebih dari NAB PM10 = 150 µgram/m3. Artinya, udara sangat amat tidak bersahabat keadaannya disana. Jika tidak segera diatasi, maka asap tersebut dapat menjadi sebab timbulnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Menurut Sukarto, Ismanto dan Karundeng (2016), ISPA adalah infeksi akut yang melibatkan organ saluran pernafasan bagian atas dan saluran pernafasan bagian bawah. Infeksi ini disebabkan oleh virus, jamur dan bakteri.

Keadaan tersebut pasti menimbulkan kekhawatiran bagi kita, khususnya para ibu, yang memiliki bayi dan anak-anak. Berikut ini ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk melindungi pernafasan anak-anak kita antara lain yaitu :

1. Mandi air hangat
2. Minum air hangat
3. Berkumur dengan air garam
4. Mengompres wajah dengan air hangat
5. Menghindari udara dingin
6. Banyak minum air
7. Beristirahat
8. Mencuci tangan setelah melakukan kegiatan
9. Selalu menutup mulut dan hidung setiap bersin atau batuk
10. Menggunakan masker setiap kali keluar rumah
11. Menyusui bayi guna memberikan kekebalan bagi bayi
12. Memberikan vaksin flu
13. Bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, mintalah nasehat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. Segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain.
14. Selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti makan bergizi, jangan merokok, istirahat yg cukup dll.
15. Upayakan polusi tidak sampai masuk ke dalam lingkungan rumah.
16. Penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik.
17. Cuci buah-buahan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Masaklah bahan makanan dan minuman dengan baik.

Semoga asap segera berlalu dan udara segar kembali ya mommies..

Sumber :

-> Kemenkes. (2013). Kemenkes Anjurkan 8 Tips Kesehatan Bagi Masyarakat. Retrieved September 13, 2019, from http://www.depkes.go.id/article/print/2335/kemenkes-anjurkan-8-tips-kesehatan-bagi-masyarakat.html

-> Marianti. (2017). Infeksi Saluran Pernapasan. Retrieved September 13, 2019, from https://www.alodokter.com/infeksi-saluran-pernapasan

-> Sukarto, R. C. W., Ismanto, A. Y., & Karundeng, M. Y. (2016). Hubungan Peran Orang Tua dalam Pencegahan ISPA dengan Kekambuhan ISPA Pada Balita Di Puskesmas Bilalang Kota Kotamobagu. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 4(1), 1–6.

-> Tanjung, C. A. (2019). Kabut Asap Halangi Penglihatan, Gubernur Riau Didesak Pulang dari Thailand. Retrieved September 13, 2019, from https://news.detik.com/berita/d-4704510/kabut-asap-halangi-penglihatan-gubernur-riau-didesak-pulang-dari-thailand

Sumber gambar:
-> http://www.doctorshare.org/index.php/news/2015/10/10/175/penanganan-bahaya-kabut-asap.html

-> https://www.bmkg.go.id/kualitas-udara/informasi-partikulat-pm10.bmkg

Maulia Nur Adrianisah

Saya seorang wanita yg bangga memiliki profesi utama menjadi ibu rumah tangga. Juga seorang istri dari sesosok laki-laki yg senang mengajar dan menulis. Namun lebih terlihat cahayanya ketika menulis, lalu tanpa disadari saya pun mengikuti jejaknya. Semoga apapun yg kami tuliskan, bermanfaat bagi banyak orang, khususnya kami sendiri sebagai manusia yg masih perlu banyak belajar.
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *