Mommies Daily

11 Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah Tangga

Rumah berantakan, masakan belum matang padahal sebentar lagi ayah pulang? Atau sibuk mengejar si kecil yang seharian ini enggan makan? Tenang mommies, di luar sana ada banyak mommies yang juga tengah berjuang menata emosi, berlarian bercanda ria dengan sang buah hati padahal segudang pekerjaan rumah masih menanti. Yap, ibu rumah tangga memang pekerjaan yang penuh dengan tantangan, telebih bagi mommies yang memutuskan menjadi full time mom. Dinamika pekerjaan rumah yang monoton kerap menimbulkan perasaan jenuh, bosan yang bila dibiarkan akan mempengaruhi kestabilan emosi yang bisa berdampak kepada sang buah hati.

Menjadi full time mom (housewife) merupakan sebuah keputusan besar bagi para perempuan terlebih bagi mommies yang sebelumnya pernah bekerja di luar rumah. Selain karena jam dan jenis pekerjaan yang berbeda, mommies juga harus siap manakala dalam 24jam mommies akan lebih sering dan bahkan selalu berhadapan dengan orang yang sama yaitu ananda tercinta. Bukan berarti kebersamaan dengan si kecil membosankan yaa mommies, karena mengamati tumbuh kembang si kecil secara langsung juga adalah anugrah yang tidak bisa dinikmati oleh seluruh ibu di dunia. Semua pekerjaan di dunia ini pasti memiliki baik-buruknya, memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Jadi mommies tak perlu berkecil hati dengan statu mommies saat ini. Bisa jadi posisi mommies saat ini adalah posisi yang diinginkan oleh sebagian orang di luar sana.

Nah mommiessharing punya sedikit tips dan trik nih khususnya bagi para full time mom yang tengah dilanda kejenuhan stadium akut. Bagaimana cara mengelola emosi agar mommies terhidar dari depresi dan tetap waras mengasuh sang buah hati.

  1. Meditasi

Lakukan meditasi ringan mommies. Tarik nafas – hembuskan secara perlahan, nikmati aliran oksigen mengisi paru-paru mommies. Walau Cuma sebentar, trik ini mampu meredakan gejolak emosi mommies yang tengah memuncak. Rutin melakukan meditasi juga akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga mommies.

2. Nikmati masa sekarang

Tak dapat dipungkiri bahwa saat mommies sedang dilanda kejenuhan dengan seabrek uruan rumah, mommies akan merindukan saat-saat sebelum menikah. Saat dimana mommies masih mampu dengan leluasa melakukan banyak kegiatan tanpa memikirkan si kecil. But the show must go on mommies, fokus dan nikmati apa yang ada di hadapan mommies saat ini. Memikirkan masa lalu hanya akan membuang – buang percuma waktu dan tenaga mommie. Pun demikian dengan masa depan, mommies tentu boleh mempersiapkan masa depan dengan baik demi kehidupan sang buah hati dan keberlangsungan rumah tangga mommies kelak, tetapi pikiran mommies tidak boleh terlalu terbelenggu dengan angan-angan maa depan yang masih semu. Berusaha sembari berserah kepada Sang Pencipta barangkali yang harus mommies lakukan, tentu dengan tetap mengupayakan memberikan yang terbaik saat ini.

3. Jangan membandingkan kehidupan mommies dengan orang lain

Di era modern ini, sudah menadi rahasia umum jika media sosial telah menjadi dunia kedua bagi para sebagian orang, pun bagi para mommies. Lewat media sosial mommies bisa memperoleh beragam pengetahuan yang bisa mommies terapkan dalam kehidupan berumah tangga. Tetapi tidak sedikit pula bahaya yang ditawarkan media ini. Salah satu dampak negatifnya ialah mommies sering cemburu dan iri atas kebahagiaan yang keluarga lain pamerkan. Padahal mommies harus paham, bahwa bagi sebagian orang media sosial memang merupakan ajang pamer kebahagiaan. Apa yang mereka tampilkan sudah tentu tidak sama persis dengan apa yang terjadi di balik layar. So, jadilah ibu bijak yaa mommies. Jangan pernah membandingkan kehidupan mommies dengan kehidupan orang lain sebab setiap orang sudah memiliki jalan hidupnya sendiri – sendiri. Syukuri apa yang mommies miliki saat ini.

4. Luangkan waktu untuk melakukan hobi & ‘me time’

Memiliki anak bukan berarti mommies kehilangan waktu untuk memanjakan diri. Mommies tidak harus mengeluarkan ratusan ribu untuk pergi ke salon, spa atau yang lainnya. Mommies bisa melakukan hal – hal sederhana seperti berkutat di dapur menyiapkan makanan favorit keluarga, membaca buku atau menonton film favorit. Minta tolonglah kepada suami atau keluarga untuk menjaga si kecil atau mommies bisa melakukan hobi mommies ketika si kecil telah tertidur pulas

.5. Mendengarkan musik

Sudah menjadi rahasia umum bila musik bia menjadi salah satu cara relaksasi. Dengarkan lagu favorit mommies atau putarlah sembari mommies melakukan beragam aktifitas.

6. Olahraga ringan

 “Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat’, nampaknya slogan ini juga harus mommies terapkan untuk menjaga kesehatan batin dan raga mommies. Olahraga merupakan salah satu kunci mommies memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Dengan tubuh yang sehat, mommies bisa melakukan beragam kegiatan dengan cara menyenangkan.

7. Bergabung dengan komunitas

Sudah sering mendengar bahwa dalam sehari seorang wanita mau dan mampu mengeluarkan ribuan kata? Hal yang sangat bertentangan dengan kodrat seorang pria. Dan tidak jarang perbedaan ini menjadi sumber dari beragam permasalahan dalam rumah tangga. Komunitas online (@mommiesharing sebagai salah satu contohnya) bisa menjadi alternatif bagi para mommies yang ingin didengarkan. Melalui komunitas sejenis ini para mommies bisa saling bertukar pikiran dan pendapat, mengutarakan segala keluh kesah tanpa harus menunggu jam pulang suami J. Melalui komunitas sejenis ini pula para mommies bisa bertemu dengan mommies lain dengan beragam profesi dan latar belakang yang bisa saling mendengarkan.

8. Istirahat cukup

Kedengarannya mustahil yaa mommies untuk menjalankan tips yang satu ini. Tetapi definisi ‘cukup’ disini tidak berarti mommies harus meluangkan waktu 8 jam dalam sehari untuk terlelap tidur, hal yang sangat sulit dilakukan terutama bagi mommies yang masih mengASIhi sikecil. Ambilah waktu sejenak, untuk sekedar memejamkan mata ketika si kecil tidur atau ada yang menggantikan menjaganya. Kualitas tidur yang baik akan memberikan dampak positif bagi kesehatan mental mommies.9

9. Quality time dengan suami

Sudah ada si kecil bukan berarti kemesraan dengan suami harus tersisihkan yaa mommies. Walau tidak bisa selalu kemana – mana berdua seperti dulu, setidaknya mommies perlu mengatur jadwal dengan suami untuk sekedar meluangkan waktu berdua. Tidak harus ke luar rumah lho mommies, quality time dengan suami bisa mommies lakukan dengan movie times, pillow talk saat si kecil sudah tidur. Jangan sungkan mengutarakan keinginan kepada suami untuk sekedar mengajaknya pergi atau menonton film kesukaan. Sebab tingkat kewarasan istri sangat dipengaruhi oleh kepekaan suami.

10.Bantuan pihak ketiga

Jangan sungkan untuk meminta tolong kepada pihak ketiga yaa mommies. Mommies bisa meminta tolong kepada suami, orang tua atau mertua untuk menjaga si kecil sebentar ketika mommies benar – benar meraa kewalahan.

11. Perbaiki kualitas ibadah

Nah tips yang satu ini adalah salah satu tips kunci menjaga kewarasan ibu rumah tangga. Ketika mommies sudah sangat jenuh dan lelah menghadapi polah si kecil dan segudang pekerjaan rumah yang seolah tiada habisnya, sudah saatnya mommies memperbaiki kualitas ibadah mommies. Dekati Sang Pemilik semesta, berkeluh kesahlah kepada-Nya, sebab hanya atas ijin dan pertolongan-Nya lah segala kemudahan bisa terjadi.

Menjadi ibu memang pekerjaan yang penuh dengan lika liku yaa mommies. Tapi yakinlah, waktu mommies dengan sang buah hati sangat sebentar. Nikmati saat – saat si kecil merengek meminta ditemani bermain atau saat si kecil menangis mengajak mommie berlari-larian mengelilingi rumah. Sebab tak lama lagi, ia akan beranjak dewasa dan tak lagi ingin bermanja-manja. Stay waras mommies.

Lamtiyah Ikha Indriyana

Lamtiyah Ikha Indriyana

Ibu satu anak yang masih belajar dan berusaha mengelola waktu, tenaga dan pikiran demi menjadi ibu dan istri terbaik untuk keluarga

Related Posts